Tentang KBM

 

KLINIK BERBASIS MASJID (KBM)

AL MUTHMAINNAH

 DASAR PEMIKIRAN :

           Masjid adalah tempat berkumpulnya jamaah guna melakukan ibadah sholat wajib maupun sholat-sholat sunnah lainnya. Masjid disamping merupakan tempat pembinaan ummat dalam lingkup pendidikan seperti majelis taklim, tempat pendidikan Al Qur’an dan lain sebagainya, juga berfungsi sebagai tempat kegiatan sosial lainnya seperti pelayanan kesehatan baik langsung maupun tidak langsung. Pelayanan kesehatan langsung adalah klinik atau balai pengobatan yang berlokasi disalah satu ruangan di lingkungan dalam halaman masjid untuk pemeriksaan kesehatan dan pengobatan masyarakat. Sedangkan pelayanan kesehatan tidak langsung adalah ceramah-ceramah ataupun penyuluhan-penyuluhan tentang kesehatan dan demikian pula olah raga seperti bersama seperti senam dan lain sebagainya.

 KONSEP PELAKSANAAN :

           Klinik berbasis masjid adalah klinik yang sumber dayanya berasal dari masyarakat atau para jamaah masjid dalam hal; sarana, prasarana, sistem kerja, dukungan finansial maupun tenaga teknis profesional. Dengan demikian kemajuan dan kemunduran klinik berbasis masjid akan menjadi tanggung jawab para jamaah masjid dan masyarakat lingkungannya.

            Konsep KBM adalah konsep yang mengutamakan pendekatan pelayanan kesehatan pada “one stop shopping” dimana pengobatan jasmani dilaksanakan di klinik dan rohani didalam masjid itu sendiri. Dalam pelaksanaannya seluruh jamaah masjid dan masyarakat dilayani tanpa membedakan latar belakang maupun status sosial bahkan untuk kategori dhuafa akan dibebaskan dari biaya pemeriksaan dan obat. Sedangkan bagi jamaah yang mampu diusahakan dapat membayar lebih agar terjadi subsidi silang.

            Tenaga teknis profesional yang bekerja baik sebagai pelaksana maupun pengelola adalah mereka yang mau dan mampu bekerja menjalankan konsep diatas secara utuh dengan penuh ikhlas yang dilandasi ibadah dalam rangka mendapatkan ridho Allah SWT.

  TUJUAN PENDIRIAN KBM AL MUTHMAINNAH :

             Tujuan dari pendirian klinik sosial ini adalah mengokohkan pemberdayaan dan kemandirian masyarakat melalui pelayanan kesehatan dengan biaya terjangkau dan berkesinambungan bagi masyarakat yang kurang mampu. Sehingga dalam pelaksanaannya masyarakat tidak mendapatkan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma, hal ini untuk mendidik masyarakat bahwa sehat itu perlu dijaga. Melalui kegiatan masjid, masyarakat diajak untuk senantiasa berperan aktif dalam mengembangkannya di berbagai masjid yang ada diwilayah lain sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh mereka. 

VISI : 

¨                   Membangun Masyarakat Sehat lahir dan Batin Melalui Masjid.

MISI :

  •  Membantu pemerintah dalam melayani kesehatan masyarakat 
  •  Menyediakan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat dan dengan tarif yang terjangkau.
  • Bekerja sama dengan instansi terkait, secara berkala memberikan penyuluhan kepada generasi  muda khususnya dan masyarakat pada umumnya tentang bahaya Narkoba dan HIV/Aids.
  • Bekerja sama dengan Pemda dan Dinas Kesehatan melaksanakan Bakti Sosial diwilayah yang memerlukan bantuan kesehatan.                
  • Membina UKS dan Posyandu dilingkungan Masjid.¨                  
  • Mengembangkan KBM diseluruh wilayah Kota Depok dan daerah lain sesuai kebutuhan masyarakat.

 

 PENGELOLA :

             Pengelola KBM Al Muthmainnah adalah Yayasan Pendidikan & Kesejahteraan Umat (Yapkum)

REKOMENDASI  WALIKOTA DEPOK

Yang menegaskan bahwa :

  1. Klinik Al – Muthmainnah sebagai klinik berbasis masjid dalam mengemban Visi Yayasan yaitu ” Memerangi Kebodohan dan Kemiskinan” telah melaksanakan misinya dengan melaksanakan program-program secara nyata membanfu masyarakat miskin.
  2. Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Umat ( YAPKUM ) berdiri di atas tanah wakaf yang letaknya sangat strategis untuk pengembangan wakaf produktif.
  3. Di lahan tanah wakaf tersebut telah berdiri bangunan Masjid, balai kesehatan, Warung sembako dan Baitul Mal Watamwil yang telah beroperasi untuk kepentingan masyarakat yang sangat membantu meringankan beban kehidupan masyarakat disekitarnya.





%d blogger menyukai ini: